ARTIKEL - KUNTILANAK HANTU YANG PALING SAKTI

Label:
hantu yang satu ini mendapat sebutan sebagai hantu yang paling sakti, mengapa bisa demikian?

Di pulau Jawa banyak sekali dikenal berbagai macam jenis nama-nama hantu, seperti : Banaspati, Blegedeg Ireng, Kemangpang, Mayit (pocongan), Gelundung Pringis, Buta Ijo, Tuyul, Tengkorak, jangjitan, Wewe GOmbel, Kuntilanan (Sundel Bolong) dan masih banyak lagi.

Kemampuan mencala putera mencala puteri
     Diantara sekian banyak jenis nama-nama hantu di pulau jawa ini, menurut penuturan bapak Radiwan (46 Thaun) seorang paranormal yang bermukim di Desa lempuyang, Blok Pilang Payung, Kecamatan anjatan, Kabupaten Indramayu; hantu kuntilanak ini bisa merubah bentuk tubuhnya menjadi kucing, ayam tikus dan sebagainya.

     Penuturan bapak Radiwan diamini oleh bapak Pardi (37 tahun) warga Desa Kedungwungu, Blok Wanguk Lor Barat, Rt 22/09, Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu yang pernah melihat hantu kuntilanak ini pada waktu dirinya sedang tirakat mencari nomer SDSB di pemakaman umum (kuburan) Pilang Payung di Desa Lempuyang.

    Dengan kemampuan Ilmu mencala putrinya hantu kuntilanak ini bisa merubah bentuk tubuhnya menjadi seorang dukun bayi. Hal inilah yang sungguh sangat membahayakan bagi seorang ibu yang sedang hamil, khususnya bagi keselamatan bayi yang dikandungnya.

     Hantu kuntilanak inipun menjadi salah satu jenis hantu selain hantu Buto Ijo, Tuyul, Mayit (Pocongan) juga babi ngepet dan peri (siluman ular) yang menjadi media pesugihan.

Rupa dan bentuk tubuhnya
     Menurut penuturan bapak Sadwi (85 tahun) warga desa lempuyang, Blok Lempuyang, Kecamatan anjatan bahwa rupa dan bentuk tubunya hantu kuntilanak berupa seorang wanita dengan rambut di kepalanya yang panjang hingga sampai ke lutut (cengklok : bhs. Jawa), bentuk mukanya terbelah laksana kemaluan wanita, warna mukanya putih, bajunya berwarna putih lengan panjang, memakai selendang pangsi dan memakai kebaya (tapih: bahasa jawa)

     Hantu Kuntilanak ini selalu menyembunyikan muka atau wajahnya bila dilihat oleh orang. Hal ini pernah dialami oleh bapak Sadwi yang lebih akrab di sapa Bapak Sang yang dulu pernah bersama temannya mengejar hantu kuntilanak ini, sebab temannya ini memiliki ikat wulung yang ditakuti oleh hantu Kuntilanak.

Tempat Bermukimnya
     Hantu ini menyukai bertempat tinggal di pohon-pohon yang rindang. Ada empat jenis pohon yang sangat disukai oleh hantu ini yakni pohon Randu, Pohon Bambu, Pohon Waru, dan Pohon beringin. Ada juga yang bilang hantu ini menyukai bertempat tinggal dilokasi yang berair semacam sungai ataupun kolam air khususnya kloam air yang dipergunakan untuk membudidayakan ikan air tawar (empang).
     Selain tempat-tempat yang penulis sebutkan tersebut di atas Hantu kuntilanak inipun juga menyukai bertempat tinggal di rumah-rumah kosong (rumah suwung : Jawa) yang tidak ditempati oleh pemiliknya. Apalagi kalau rumah tersebut ada lotengnya (bertingkat) karena hantu Kuntilanak ini suka menjuntaikan kedua kakinya (uncang-Uncang :Jawa)

Kegemaran Hantu Kuntilanak
     Hantu kuntilanak ini menyukai ikan segar sehingga terkadang ada orang yang melihat hantu ini sedang berada di kolam (empang : Jawa) tempat dibudidayakannya ikan air tawar.
Ada juga yang bilang anti ini menyukai bayi yang masih merah (jabang : jawa), khususnya bayi yang berkelamin laki-laki. Makanya dikampung-kampung di pulau Jawa khususya, biasanya di pojok-pojok rumah orang yang habis melahirkan ditaruh pelepah poho Pinang (jambe : jawa) yang dibuat semacam keris-kerisan. Konon hal ini untuk menghindari agar sang bayi tidak diganggu oleh hantu Kuntilanak Ini.
     Hantu kuntilanak ini konon menyukai orang yang sedang hamil sebab konon baunya orang yang sedang hamil ini bagi hantu Kuntilanak laksananya bau buah nangka yang sedang masak, harum dan wangi.

Antinya Hantu Kuntilanak
     Konon menurut penuturan Ibu /Darsih (67 tahun) seorang paranormal yang bertemptat tingga di Desa Kertawinangun, Blok Kebon, Rt.08/02, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu bahwa hantu Kuntilanak ini memiliki anti atau benda yang ditakutinya yaitu : Golok, Kayu Bambu Kuning, dan Kayu Kelor.
     Mengenai benda yang penulis sebutkan terakhir tadi (kayu kelor) bapak Radiwan menggunakannya pada waktu mengobati seorang gadis yang kesurupan hantu Kuntilanak Ini, da alhamdullilah berhasil. Padahal Konon pada waktu peristiwa tersebut terjadi banyak paranormal yang mengobatinya, akan tetapi tidak ada yang berhasil. Baru setelah bapak Ridwan yang mengobatinya dengan cara memukulkan kayu Kelor ke tubuh gadis itu, gadis ini bias sembuh.
     Disamping golok, kayu bamboo kuning dan kayu kelor, hantu kuntilanak ini sangat takut dengan benda tajam. Makanya di kampong-kampung di pulau jawa sering kita lihat seorang wanita yang sedang hamil dibagian perutnya digantungkan sebuah gunting kecil ataupun sebah pisau kecil dengan maksud agar hantu kuntilanak khususnya dan hantu-hantu lainnya tidak mengganggu.

Kelemahan Hantu Kuntilanak
     Konon menurut cerita orang tua pada jamn dahulu, bahwa hantu kuntilanak ini memiliki kelemahan yang terletak pada rambut kepalanya yang panjang terurai hingga ke lutut itu. Yakni berbentuk sebatang rambut yang paling akas (keras atau ulet) diantara sekian banyak helaian rambut yang menempel di kepalanya itu.
     Cerita diketahuinya hantu Kuntilanak itu memiliki kelemahan di rambut kepalanya bermula ada seorang ibu rumah tangga yang sedang mengukus sesuatu pada malam hari. Sementara suaminya sedang tidur terlentang di halaman rumah dengan memakai kain sarung saja
Pada waktu itu ada seorang wanita beramput panjang dating dan menitipkan sebuah bungkusan dan minta agar sekalian dikukuskan. Setelah wanita misterius itu pergi, ibu rmah tangga ini merasa penasaran dengan isi bungkusan yang dititipkan padanya ini. BEtapa terkejutnya ibu rumah tangga ini demi dilihat ternyata isi bungkusan tersebut berupa kemaluan seorang pria berikut buah zakarnya.
     Ibu rumah tangga inipun teringat akan suaminya yang sedang tidur dihalaman rumah “jangan-jangan ini kemaluan suami saya?” Kemudian ibu rumah tangga inipun bergegas menengok suaminya dan benar saja dugaannya, setelah dibuka kain sarung yang dipakai suaminya ternyata kemaluannya telah hilang.
     Dengan menahan kemarahan yang amat sangat ibu rumah tangga inpun menunggu kedatangan wanita misterius ini, begitu wanita misterius ini dating, langsung ditarik rambutnya yang panjang dan kebetulan yang terkena itu rambut yang akas yang merupakan kelemahannya. Karena sesungguhnya wanita misterius ini sebenarnya merupakan jelmaan hantu kuntilanak. Konon rambut yang akas ini yang merupakan jimatnyahantu kuntilanak jadi sakti. Dua diantara kesaktian itu yakni bias terbang dan menghilang.
     Akhirnya wanita misterius yang merupakan jelmaan hantu kuntilanak ini meminta ampun pada ibu rumah tangga ini dan berjanji akan mengembalikan kemaluan suaminya pada tempatnya semula apabila ibu rumah tangga ini mengembalikan jimatnya yang berupa rambut yang aka situ. Dan akhirnya kemaluan suaminya ibu rumah tangga inipun bias kembali lagi ketempatnya semula karena bagi mahluk halus semacam hantu Kuntilanak ini, hal semacam itu tidaklah sulit. Sedangkan hantu Kuntilanak ini menerima kembali rambutnya yang akas itu.
Benar tidaknya cerita tersebut di atas wallahu alam bshowab (hanya Allah SWT Yang Maha Tahu).




Kembali                    Selanjutnya